Pentingnya Mengawali Aktivitas Dengan Bismillah

Fadilah Bismillah sangat besar sehingga pelafalannya dianjurkan. Khususnya untuk mengawali setiap aktivitas yang baik. Meskipun itu merupakan kegiatan yang sifatnya mubah.

Contohnya ketika ingin makan. Setiap orang disarankan untuk membacanya. Karena ini merupakan bentuk pengagungan terhadap Allah yang mana telah memberikan rezeki pada hambanya.

Begitu pula dengan aktivitas lainnya seperti bekerja dan lain sebagainya. Kalimah suci ini diharuskan. Ketika seseorang terlupa, seseorang masih dianjurkan untuk melafalkannya di tengah aktivitas. Baru setelah berakhir, akhiri dengan bacaan Alhamdulillah.

Tafsir Bismillah

Basmalah merupakan ayat Alquran yang diturunkan pada Nabi Muhammad dan Nabi Sulaiman. Ayat ini berisi tentang keagungan yang sangat istimewa. Betapa tidak, Allah mengenalkan sifatnya yang penyayang di dunia dan akhirat.

Keagungan ini dapat menggetarkan jiwa. Sebagaimana Nabi Sulaiman pernah menggunakannya untuk menggetarkan kerajaan dari Ratu Bilqis.

Pada saat itu, Ratu Bilqis belum memeluk agama yang lurus. Kemudian, Nabi Sulaiman menyurati ratu yang berisikan dengan kalimah basmalah. Lantas, diikuti dengan menyerahlah serta berimanlah pada Allah.

Dalam sebuah Riwayat, Ibnu Murduwiyah meriwayatkannya dari Abu Sa’id bahwa Rasulullah pernah bercerita tentang Nabi Isa terkait Basmalah.

Nabi Isa diserahkan pada seorang guru dan diminta gurunya untuk menuliskan lafal tersebut. Ketika gurunya ditanya tentang kalimah tersebut, gurunya mengatakan tidak bisa menjawabnya.

Lantas, Nabi Isa menerangkannya. Ba (Bahaullah) yang berarti keelokan Allah. Sin berasal dari Sanauhu (keagungan-Nya), Mimnya adalah Mamlakatuhu (Kekuasaan-Nya). Lafal Allah merupakan Ilahul Aalihah yang berarti Tuhannya para Tuhan. Dan Arrahman ialah dzat maha pengasih di dunia, serta Arrahim adalah Dzat penyayang di Akhirat.

Ini sekaligus memberi gambaran tentang bagaimana Allah mengenalkan dzat-Nya yang maha Agung. Kekuasaan-Nya mutlak di dunia dan akhirat.

Siapa saja yang melantunkannya ketika hendak beraktivitas, keberkahan aktivitasnya akan didapatkan. Oleh karenanya, setiap hamba dianjurkan untuk memulai segala kegiatan dengan mengucapkan basmalah.

Fadilah Membaca Basmalah

Banyak sekali fadilah Bismillah yang akan diperoleh orang yang membacanya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Aktivitasnya Penuh Keberkahan

Tidak ada satu pun orang yang menginginkan usaha atau kegiatannya tanpa berkah. Keberkahan setidaknya mencirikan adanya manfaat. Atau, kegiatan tersebut tidak dilakukan dengan sia-sia.

Contohnya jika seseorang mencari nafkah. Berkah dari bekerja ialah mendapatkan penghasilan. Pendapatan ini bisa nyatanya cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Tidak hanya itu saja, keberkahan ini membawa seseorang lebih giat dalam beribadah. Karena makanan yang dikonsumsi membuatnya lebih bertenaga dan bersemangat dalam ibadah.

Berbeda jika sesuatu itu tanpa keberkahan. Orang akan merasa mengalami kekurangan. Meskipun memiliki penghasilan sangat besar, pendapatan ini masih terasa kurang sehingga membuatnya lebih sibuk dan mengalami kesusahan.

  1. Selamat dari Siksaan Malaikat Zabaniah

Dengan keagungan-Nya, Allah akan melindungi seseorang yang bibirnya selalu dibasahi dengan ucapan basmalah. Salah satunya ialah melindunginya dari siksaan 19 Malaikat Zabaniyah yang ditugaskan di neraka.

Dengan terlindungi, seorang hamba akan terbebas dari api neraka. Tentunya, hamba berhak untuk memasuki surga dengan izin Allah swt.

  1. Dilindungi dari Godaan Setan

Setan selalu mencari ruang untuk menyesatkan umat manusia. Ia akan selalu masuk untuk membisiki dan mengajak pada kemungkaran.

Beruntung bagi orang yang selalu membaca basmalah di tiap kali beraktivitas, setan tidak kuasa untuk melawannya. Sebagai hasilnya, seorang hamba akan lebih nyaman dalam memenuhi kewajiban dan ibadah.

Sungguh keagungan Allah sangat luar biasa. Menyanjung-Nya tentu yang utama. Salah satunya mengawali sesuatu dengan basmalah. Dengan begitu, keberkahan dan pertolongan akan diperoleh sebagai bagian dari fadilah Bismillah itu sendiri. Untuk keutamaan lainnya, Anda bisa melihatnya pada ulasan wisata Nabawi.